Selasa, 07 April 2015

makalah sistem efi




BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution). Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif.Karburator umum digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin sampai akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakar.Injeksi bahan bakar atau EFI (Electronic Fuel Injection )adalah sistem injeksi bahan bakar yang dikontrol secara elektronik. Sistem ini merupakan salah satu jenis sistem bahan bakar pada motor bensin.Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator. Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman. Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai banyak menggunakan sistem elektronik.Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi polusi, dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih. Dizaman sekarang banyak orang yang kurang mengerti tentang perbedaan sistem karburator dan sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dan kebanyakan orang mengabaikan perbedaan itu mereka tidak tahu bahwa sisitem EFI lebih irit bahan bakar dari pada sistem karburator.





1.2 RUMUSAN MASALAH          
1.      Apa yang dimaksud dengan sistem EFI ?
2.      Apa saja komponen – komponen pada sistem EFI?
3.      Bagaimanamerawat komponen – komponen pada sistem EFI
1.3 MANFAAT PENULISAN
Diharapkan dari penulisan makalah  mengenai sistem bahan bakar ini dapat memberi  manfaat sebagai berikut.
  • Memudahkan transfer pengetahuan tentang sistem EFI kepada peserta didik.
  • Memudahkan para pembaca untuk mendapatkan informasi tentang sistem EFI.
  • Membantu peserta didik untuk memahami sistem EFI secara sederhana.
1.4 TUJUAN PENULISAN
1.      Mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem EFI.
2.      Mengetahui berbagai komponen – komponen sistem EFI.
3.      Mengetahui caramerawat  komponen – komponensistem EFI.











BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION)
EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor bakar, maka proses pembakaran yang terjadi diruang bakar akan terjadi secara sempurna sehingga didapatkan daya motor yang optimal serta didapatkan gas buang yang ramah lingkungan. Proses pemberian bahan bakar dari ECU (Electronic Control Unit) ke injector yang didasarkan pada signal-signal dari sensor-sensor antara lain sensor air flow meter, manifold absolute pressure, sensor putaran mesin, water temperature sensor, throttle position sensor dll. EFI (Electronic Fuel Injection) dipakai oleh merk Toyota, sedangkan merk lain mempunyai nama yang berbeda, yakni ; PGMFI/ Honda (Programed Fuel Injection), EPI/ Suzuki (Electronic Petrol Injection), EGI/ Mazda (Electronic Gasoline Injection), Jetronik (Bosch), Multec/ General Motor (Multi Technology) dan lain-lain akan tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama.
2.2 PRINSIP SYSTEM KONTROL EFI
System yang digunakan pada electronic fuel injection terbagi atas sensor-sensor dan actuator. Sensor-sensor merupakan informan atau pemberi informasi tentang kondisi-kondisi yang berkaitan dengan penentuan jumlah bahan bakar yang harus diinjeksikan. Pemberian informasi dapat berupa sinyal analog ataupun digital. Sensor-sensor yang mengirim informasi dalam bentuk analog seperti misalnya TPS (Throttle Position Sensor dan mass air flow). Sedangkan actuator merupakan bagian/komponen yang akan diperintah oleh ECU dan perintah dapat berupa analog ataupun digital. Pemberian perintah berupa analog diberikan pada pompa bensin elektrik dan lampu engine kontrol. Sedangkan pemberian perintah berupa sinyal digital diberikan pada injector, coil pengapian, katup pernapasan tangki, pengatur idle, pemanas sensor lamda dan steeker diagnosa.


2.3 PERBEDAAN SYSTEM EFI DENGAN SYSTEM KARBURATOR
1. Saat mesin dalam kondisi dingin
a. System Karburator
Pada system karburator suplay bahan bakar pada saat mesin dalam kondisi dingin diatur dengan memperkecil jumlah udara yang masuk sehingga bahan bakar akan keluar lebih kaya, dimana pengaturan tersebut dilakukan oleh choke circuit. Chock sircuit sendiri ada yang bekerja secara otomatis ada pula yang mekanis. Dan selanjutnya suplay bahan bakar diatur oleh besarnya tingkat kevakuman dari mesin. Semakin besar tingkat kevakuman yang terbentuk akan semakin besar suplay bahan bakar yang diberikan.
b. Sytem EFI
Sedangkan pada system EFI suplay bahan bakar saat mesin dalam kondisi dingin akan ditentukan atau diatur oleh ECU (Electronic Control Unit) yang didasarkan pada informasi dari kondisi suhu kerja mesin dan besarnya tekanan udara pada intake manifold. Dari informasi atau data-data tersebut ECU akan memerintahkan injector untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak.

2. Saat mesin akselerasi
a. System Karburator
Pada system karburator suplay bahan bakar saat mesin diakselerasi akan diberikan oleh acceleration circuit, dimana acceleration circuit digerakan oleh tuas yang dihubungkan dengan sebuah lengan ungkit yang digerakan oleh gerakan akselerasi throttle valve. Bahan bakar akan keluar dari pump jet ke ventury.
b. System EFI
Sedangkan pada system EFI suplay bahan bakar saat mesin diakselerasi akan diatur oleh ECU berdasar informasi dari besarnya/banyaknya aliran udara yang mengalir ke intake manifold yang terukur oleh air flow meter. Kemudian dari data tersebut ECU akan memerintahkan injector menambah bahan bakar yang diinjeksikan.
2.4 Keistimewaan EFI dibandingkan Karburator
1.      Memungkikan pembentukan campuran yang homogen pada setiap silinder
       Satu silinder satu injektor
       Volume injeksi bahan bakar dikontrol oleh ECU sesuai dengan rpm dan beban
2.      Perbandingan udara dan bahan bakar akurat
       Pengiriman campuran uadar dan bahan bakar berlangsung terus menerus secara tepat tidak tergantung pada putaran dan beban
3.      Respon yang baik sesuai dengan pembukaan sudut throttle
       Injektor dipasang dekat dengan katup masuk ( Indirect Injection / ID )
       Bahan bakar ditekan dengan tekanan 2 – 3 kg/cm2
       Bahan bakar di injeksikan melalui lobang yang sangat kecil
4.      Koreksi campuran udara dan bahan bakar
       Ada penambahan bahan bakar selama mesin distart.
       Ada penghentian bahan bakar selama deselerasi
5.      Effisiensi pemasukan campuran udara dan bahan bakar
       Tidak memerlukan ventury untuk mempercepat aliran udara masuk













GAMBAR DIAGRAM ELEKTRONIK FUEL INJECTION
2.5 SUSUNAN DASAR SISTEM EFI
Sistem EFI secara umum dapat dibagi menjadi tiga sistem fungsi, yaitu :
1.         sistem induksi udara ( Air Induction System )
2.         sistem bahan bakar ( Fuel Delivery System )
3.         sistem pengontrol elektronik ( Electronic Control System )
a.      Umum


 






b. Basic Injection Control
Referensi :Perbandingan bahan bakar – udara teoritis adalah perbandingan bahan bakar dan udara dengan oksigen yang cukup agar bahan bakar dapat terbakar secara lengkap. Pada octan murni perbandingan ini adalah 15:1 ( 15 bagian udara dengan 1 bagian bahan bakar )
c. Correction Control Control
Referensi :Mesin tidak dapat bekerja dengan baik hanya dengan basic injection volume, karena mesin bekerja pada berbagai kondisi, oleh karena itu diperlukan peralatan tambahan( sensor - sensor ) koreksi untuk mengatur perbandingan udara dan bahan bakar pada berbagai kondisi kerja mesin.
1.    SISTEM INDUKSI UDARA ( AIR INDUCTION SYSTEM )
Bila mesin dingin air valve mengalirkan udara ke intake chamber langsung dengan membypass throttle. Air valve mangalirkan udara secukupnya ke intake chamber untuk menambah putaran fast idle, tanpa memperhatikan throttle terbuka atau tertutup. Jumlah udara yang masuk di deteksi oleh air flow meter ( L-EFI ) atau manifold pressure sensor ( D-EFI ).
Macam-macam EFI
System EFI terbagi dalam dua jenis yakni :
1. EFI Type D
EFI jenis ini pengukuran udara masuk yang menuju ke intake manifold menggunakan vaccum sensor, dimana besar kecilnya tekanan didalam intake manifold dijadikan informasi ke ECU sebagai salah satu penentu banyak sedikitnya bahan bakar yang akan diinjeksikan.

2. EFI Type L
Pada EFI jenis L jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold diukur banyak sedikitnya dengan menggunakan aiflow meter dan besarnya volume udara dijadikan informasi ke ECU sebagai salah satu penentu banyak sedikitnya bahan bakar yang akan diinjeksikan.
1. Throttle Body
Throttle body Merupakan komponen sistem kontrol udara sebagai saluran utama yang dilalui oleh udara, sebelum masuk ke intake manifold
 Di dalam throttle body ini terdapat :
  • Throttle valve
  • TPS (Throttle Position Sensor)
  • IAC ( Idle Air Control )
  • FIAC ( Fast Idle Air Control )
  • ISAS ( Idle Speed Adjusting Screw
Gambar :Throttle Body

2. Throttle Position Sensor
Throttle Position Sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throttle valve. TPS dihubungkan langsung dengan sumbu throttle valve, jika throttle valve bergerak, TPS akan mendeteksi perubahan pembukaan throttle valve. Selanjutnya dengan menggunakan tahanan geser, perubahan tahanan ini dikirim ke ECU sebagai input untuk koreksi rasio udara dan bensin.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbHZVYbNcbgBOLC9GVy3XY-mf-iw4JvC3BMj5jTbPP2Q9qEwgW2habQZfFwutY3PEN5cEPutenvZDDQEexW1GB1bJXTRU_AkeloxDxGH7myeBytmIx-0IdoZhdgvMHmHBCxfBSEmR1pwY/s320/8.jpg
Gambar : Throttle Position Sensor

3. Intake Air Temperatur
Sensor temperatur udara masuk ini biasa terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dengan throttle body. Sensor temperatur udara masuk ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor yang mempunyai sifat semakin panas temperatur maka nilai tahanannya semakin kecil.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1wDXojQZfkXOcmdNsOfavgg99BqQHQBaQThIIjxQQq6nFAVhbYC1b5JvNipifC3D5c5e6q0yBsEkefwre0IO59gpK5RtVcnhbCkjpvTVRXC3VhYJcQsi4N5Xc3qYH0IMEKjICWPwhSrY/s320/7.jpg
Gambar : Intake Air Temperatur
4. Air Flow Meter  
MAF (Massa Air Flow Meter) salah satu jenis sensor dengan tipe measuringplate, yang terdiri atas plat pengukur, pegas pengembali, dan potensiometer.
Udara yang masuk ke intake air chamberakan dideteksi dengan gerakan membuka dan menutup plat pengukur. Plat pengukur ini ditahan oleh sebuah pegas pengembali. Plat pengukur dan potensiometer  bergerak pada poros yang sama  sehingga sudut membuka plat pengukur ini akan diubah nilai tahanan potensiometer. Variasi nilai tahanan ini akan dirbah menjadi outputvoltage sensor ke ECM sebagai dasar untuk menentukan jumlah udara yang masuk ke intake air chamber.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvCHbQg4EpUaMkImmRQCzbYj089Rav5k1s-1onzRgHxXQVb70H5zrvNQn5NR3EIr5Z2hK9DbR9SXPgMnUrVHlD036xhwD9sIzKADoD0IR5BbkcBiEw1OipLk4QmY2NQBJFfSxERoWOxJE/s320/9+MENUTUP.jpg
 Gambar : Air Flow Meter posisi menutup
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJbMvh89lPka8TBTuJMPbdOAIVnuQD2w4KNwSsE4yxhshwaf5m_0WWBbG8q8tLcJRZ3pSmU-GW-ysm0LXxd_SEO3PSDmM7wKyLBk6tXbQyDyEkv29bU_Z2lMvE_VjjaVdkOxKQkgHb2fo/s320/9.jpg
 Gambar : Air Flow Meter posisi membuka

5. Fast Idle Air Control  
Fast idle air control terbuat dari thermo wax yang bekerjanya sesuai dengan temperatur mesin. Bila temperatur masih dingin, thermo wax belum mengembang sehingga jumlah udara yang masuk melalui saluran bypass menjadi lebih banyak.Saat temperatur mesin panas, thermo waxakan mengembang sehingga saluran bypass akan menyempit. Jumlah udara yang masuk menjadi berkurang, putaran mesin ke putaran idle.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMXPW2hiqxC0rsGRO7aeVLJIosr43cqHd7DXWLmcqbRuGdo8aTUn0fUUbhN-ranuf-ej8mOkHIoGYmKugxIsXb2KSe_OMmQx6fhNbLQIYmTYdKzgmcDHC9xa0QYmd64lXTkuoLltTHHgk/s320/Untitled.jpg
  Gambar : Fast idle air control  (Dingin)

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhigc2BiBbFklrEoKpG5l71RvV30JOSLUrESTlf2gfMYlkwHVmTIgME5yaQZfrJJBngfc4bGiVYKG0oH7leX5gVorpONiSuZ9KQKAvCc9RJBfQLDBNU1ZOtLba9j97pze7auwb0J2LleEI/s320/10+PANAS.jpg
Gambar : Fast idle air control Posisi (Panas)
2.    SISTEM BAHAN BAKAR ( FUEL DELIVERY SYSTEM )
Bahan bakar dihisap oleh pompa ke saringan kemudian di kirim ke injector dan colt start injector.Tekanan di fuel line di control pressure regulator dan kelebihan bahan bakar di kembalikan ke tangki.Bahan bakar di injeksikan ke intake manifold sesuai injection signal dan colt start injector menginjeksikan bahan bakar ke intake chamber langsung saat cuaca dingin sehingga mesin bisa hidup.Komponen utama dari fuel delivery system adalah :
  1. Fuel pump
  2. Fuel filter
  3. Fuel pressure regulator
  4. Pulsation dumper
  5. Injector
1. Fuel Pump
Pada semua tipe mesin dengan injeksi, penempatan pompa bensin selalu ada di dalam tangki bensin. Tipe yang digunakan adalah elektrik dengan motor listrik. Pompa terdiri atas motor, pompa itu sendiri, check valverelief valve dan filter yang diletakkan di saluran masuk pompa.
Pompa bensin yang biasa digunakan adalah type in tank dan type in line. Type in tank artinya bahwa pompa bahan bakar berada di dalam tangki bahan bakar dengan posisi terendam bahan bakar. Sedangkan type in line artinya bahwa pompa bahan bakar berada diluar tangki bahan bakar.

2. Fuel Filter
Fuel Filter berfungsi menyaring kotoran–kotoran dan partikel asing lainnya dari bensin supaya tidak masuk ke injektor. Fuel filterdipasangkan pada saluran tekanan tinggi dari fuel pumpFuel filter ada yang diletakkan di luar tangki bensin, ada juga yang diletakkan di dalam tangki bensin.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeyd4nbntssgNbccRXxqbPQLEXhx4CGVI1jh-T9OAC5dPAvG9wK-LnoeZs2e9y4AXBxqLwb-avqCvKsTtS7Vs6wMPrbwFJPcBdqXgWaU2EhSy1LD3J64aH6vEJ3LaqSqUptIswZSn8CPo/s320/13.jpg
Gambar :Fuel Filter


3. Fuel Pressure Regulator

Fuel Pressure Regulator berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar agar tetap konstan Agar jumlah bahan bakar yang diinjeksikan selalu tetap walaupun tekanan pada intake manifold berubah – ubah.
Gambar :Fuel Pressure Regulator

4. Pulsation Damper
Pulsation damper terpasang pada delivery pipe berfungsi menyerap variasi tekanan bensin yang diakibatkan perubahan kevakuman intake manifold dan penginjeksian bensin oleh injector untuk membantu mempertahankan tekanan bensin pada 2,1–2,6 kg/cm2 di dalam pipa pembagi (delivery pipe)
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_CXYbDKS-GhRiGhmrV1ayGuzW9LWg6_E1l3DbGvKObFdvaBaBnkKrrGBPXqPk6hV8WDLnUYExJHzREn7D3GoDZCBExseKXIm1qb_F90jRo3FUM2qS8QseUtuUKV17QQ_jvbdXOH4_r-c/s320/13FFFD.jpg
Gambar :Pulsation Damper

5. Injector
Injektor adalah nosel electromagnet yang bekerjanya dikontrol oleh ECU untuk menginjeksikan bensinke intake manifold. Injektor dipasangkan di ujung intake manifold dekat intake port(lubangpemasukan) dan dijamin oleh delivery pipe.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEfLGkzFPHB8k_dCOXqCQuXHdi_YxJ6M4DuI5jTVSW5WW-uliUpJsyG94Xl-YuErIx6ZYyf0dEmYjIklReHGiqzr2Jb-y_FTZ-nXib2ogZaCmeUI0zHAGCHDhNxjLgLznZwZa-XeTA1oQ/s320/C.jpg
Gambar : Injector
3.    SISTEM PENGONTROL ELEKTRONIK (ELECTRONIC CONTROL SYSTEM)
Sistem control elektronik ( electronic control system ) ,termasuk sensor dan computer untuk menentukan ketepatan jumlah penginjeksian bahan bakar sesuai signal yang diterima dari sensor.Sensor ini untuk mengukur jumlah bahan bakar yang di hisap, beban mesin,temperature air pendingin,temperature udara, saat akselerasi. Komputer mengukur jumlah yang tepat dan ideal agar menghasilkan tenaga yang maksimal.
1.    Elektronic Control Unit
Electronic Control Unit merupakan komponen system bahan bakar yang akan menerima sinyal listrik dari sensor kemudian diolah untuk kemudian dijadikan garis perintah kepada actuator. ECU mendapat suplay tegangan listrik dari baterai, yang selanjutnya tegangan listrik tersebut akan dialirkan ke sensor dan actuator yang besar kecilnya teganngan disesuaikan dengan kapasitas sensor ataupun actuator.
Bagian-bagian ECU :
 Micro Processor – mengatur jalannya perintah dan mengambil keputusan data yang telah diolah berdasarkan informasi dari data yang tersimpan pada memory.
 Memory – Menyimpan data-data input yang siap diinformasikan ke micro processor
 Input/ – memberikan informasi berupa sinyal listrik ke memory untuk diproses oleh micro processor.
 Akuisi Data – data data yang telah diproses oleh micro processor dibedakan kemudian diinformasikan ke output
 Output – Sinyal listrik yang dihasilkan oleh akuisi data kemudian diberikan ke actuator-aktuator


2.    Data Link Conector (DLC)
Data Link Conentor merupakan kumpulan kode-kode untuk mempermudah mendeteksi kerja dari sensor ataupun actuator. DLC diterapkan pada semua kendaraan dengan sistem EFI dan untuk mendeteksi secara manual dilakukan dengan cara menjamper kode satu dengan kode yang lainnya sesuai dengan manual book pada masing-masing kendaraan atau merk kendaraan tersebut. Sebagai contoh jika ingin mengetahui kerja pompa bahan bakar maka tinggal menghubungkan kode nomor 2 dengan nomor 9 dan untuk mengetahui terjadinya malfungsi pada engine check lamp dengan menghubungkan nomor 4 dengan nomor 13
3.    Variable Resistor
Berfungsi untuk mengatur campuran bahan bakar saat putara idle. Penyetelan ini dilakukan untuk menghasilkan nilai co yang benar. Untuk hal tersebut tidak dibenarkan menyetel variable resistor tanpa menggunakan CO tester.
Penyetelan variable resistor dilakuka dengan cara memutar baut penyetel dengan SST searah jarum jam jika campuran bahan bakar terlalu gemuk dan jika baut penyetel diputar berlawanan jarum jam menunjukan bahwa bahan bakar terlalu kurus.
Komponen sensor-sensor pada kendaraan   :
  1. ECT ( Electronic Control Temperature )
  2. TPS  ( Throttle Position Sensor )
  3. VSS ( Vehicle Speed Sensor )
  4. CMP (Camshaft Position Sensor )
  5. CKP ( Crankshaft Position Sensor )
  6. Oxygen Sensor

1. ECT (Electronic Control Temperature)
ECT terbuat dari thermistor, yaitu sebuah variable resistor yang dipengaruhi oleh temperatur. Kerja ECT sama dengan IAT, hanya fungsi pendeteksiannya yang berbeda. ECT berfungsi mendeteksi temperatur air pendingin mesin sebagai input ECM untuk mengoreksi besar penginjeksian bensin pada injector. ECT juga berfungsi sebagai kontrol temperatur air pendingin mesin kepada pengemudi melalui temperature gauge pada instrument panel.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaWN_lSgstkP33J4RILFuaPh5qLVu4XTeTEwZsuT4XlfVP6rqdQ4WD4GuGdPXoESXxN2sS9sM5xauIMntrgXWKpCwsdo068SadNi271ZSsmCBId2i_ECJmQVXjD1Hwdp8qrGg7Wicqp5Y/s320/D.jpg
Gambar : Electronic Control Temperatur

2. Throttle Position Sensor
Throttle Position Sensor berfungsi mendeteksi sudut pembukaan throttle valve. TPS dihubungkan langsung dengan sumbu throttle valve, jika throttle valve bergerak, TPS akan mendeteksi perubahan pembukaan throttle valve. Selanjutnya dengan menggunakan tahanan geser, perubahan tahanan ini dikirim ke ECU sebagai input untuk koreksi rasio udara dan bensin.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbHZVYbNcbgBOLC9GVy3XY-mf-iw4JvC3BMj5jTbPP2Q9qEwgW2habQZfFwutY3PEN5cEPutenvZDDQEexW1GB1bJXTRU_AkeloxDxGH7myeBytmIx-0IdoZhdgvMHmHBCxfBSEmR1pwY/s320/8.jpg
Gambar : Throttle Position Sensor


3. VSS (Vehicle Speed Sensor)
Sensor ini dipasangkan pada transmisi dan digerakkan oleh driver gear poros output. Jenis VSS yang digunakan adalah tipe MRE ( Magnetic Resistance Element ). Signal yang dihasilkan oleh VSS berupa gelombang bolak – balik, oleh komparator (yang terdapat di speed sensor pada panel instrument) gelombang bolak – balik tersebut dirubah menjadi sinyal digital yang kemudian dikirim ke ECU.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf2YIrcICyaNtZZ7I_XoI0_HRF7H1OF6je_JniQyIHI1PG_4lWzJoOEh22VJNcEEujCs9GnW9F4JhhsfPyFHS15HNjwaeJ3fiS1s4MjKEuXM3MD7qLMsSuYsy_q9J9Sp5JsjRWST_-dNs/s320/CCC.jpg
Gambar : Vehicle Speed Sensor
4. CMP (Camshaft Position Sensor)
§  CMP sensor terdiri atas komponen elektronik yang terdapat  di dalam sensor case dan tidak dapat distel maupun diperbaiki. Sensor ini mendeteksi posisi piston pada langkah kompresi melalui putaran signal rotor yang diputar langsung oleh camshaft  untuk mengetahui posisi pembukaan dan penutupan intake dan exhaust valve.
§  Signal digital dari CMP ini, oleh ECU digunakan untuk memproses kerja dari sistem EFI bersama-sama dengan signal dari sensor CKP.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuRMsOLkL36pJXasBEHUtjuqxVUAD9VFz2QpTaUBiSzdfudpFg962gYOJOHNjy3a4OQ6IHD1rCUbyHRtDEf0BongVLgrITjQaKN1PJa1lDUZiKVDJoi4PVheM7Bbp9k2xBu3ZNo6es8g4/s320/CZ.jpg
Gambar : Chamshaft Position Sensor

5. CKP ( Crankshaft Position Sensor )
§  CKP terdiri dari magnit dan coil yang ditempatkan di bagian bawah timing belt pulley ataudibelakang V-belt pulley. Saat mesin berputar CKP menghasilkan pulsa tegangan listrik.
§  Sensor CKP digunakan sebagai sensor utama untuk mendeteksi putaran mesin, output signal dari CKP sensor dikirim ke ECU untuk menentukan besar basic injection volume.
§  Selain digunakan untuk mendeteksi putaran mesin, sensor CKP juga digunakan sebagai sensor utama sistem pengapian. Output signal dari sensor CKP digunakan ECU untuk menentukan ignition timing.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYUDwgJJKSi5UTruM1e2ceUHTitjek5L5ScVsHgYdvHMDnJ7ZVrQ_-WhJAfphsP1VfJVAZ0UXyXQ3lCZ235RlCtsZDSLgovMFNWpVLbou-3EMl7DpWiPtp9r-DrL-Q4Gg5lMdIodhN_uw/s320/FSEF.jpg
Gambar : Crankshaft Position Sensor




6. Oxygen Sensor
§  Sensor O2 dipasangkan di exhaust manifold yang berfungsi untuk mendeteksi konsentrasi oksigen pada gas buang kendaraan, menghitung perbandingan udara dan bensin, dan menginformasikan hasilnya pada ECU.
§  Bila kadar oksigen pada gas buang tinggi, ECU akan menyimpulkan bahwa campuran terlalu kurus (lebih banyak udaranya)
§  Bila kadar oksigen pada gas buang rendah, ECU akan menyimpulkan bahwa campuran terlalu gemuk (lebih banyak bensinnya ).
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4PaYl6Iy5DPvSBYwz8RZNSYQCRG_IoygoU5O6L9HoexODf5E8pZMzmj21Vj5opYyYOnJEGt2OfuA8lFTiq1HiespyFYwGe3Hs6sknznYqUTxizT6eh0m0DbAjW7jKY7QKAcjXscLWXRE/s320/CDSC.jpg
Gambar : Oxygen Sensor

2.6 PENGGOLONGAN SYSTEM EFI
1. Menurut Tempat Penyemprotan Bahan Bakar
Pada system EFI tempat penyemprotan bahan bakar terbagi atas injeksi langsung dan tak langsung. Injeksi langsung artinya bahwa baha bakar diinjeksikan oleh injector langsung ke dalam ruang bakar, injeksi lagsung (direct injection) digunakan pada mobil Mitsubhisi. Sedangkan injeksi tak langsung (indirect injection) artinya bahwa bahan bakar yang diinjeksikan tidak langsung keruang bakar akan tetapi bahan bakar diinjeksikan melalui intake manifold.
2. Menurut Ritme Penyemprotan Bahan Bakar
a. Model Simultan
Yang dimaksud ritme penyemprotan model simultan adalah bahwa bahan bakar diinjeksikan kedalam ruang bakar secara terus menerus atau dengan kata lain penyemprotan bahan bakar tidak meperhitungkan kondisi kerja mesin dan penyemprotan itu terjadi serentak pada semua silinder tiap 1 putaran poros engkol (360o).
b. Model Grouping
Yang dimaksud ritme penyemprotan model grouping adalah bahwa bahan bakar diinjeksikan kedalam ruang bakar secara terus menerus sesuai dengan group silinder atau dengan kata lain penyemprotan bahan bakar dengan meperhitungkan kondisi langkah kerja mesin dan penyemprotan itu terjadi serentak pada semua silinder tiap 2 putaran Poros engkol (720o).
c. Model Squential
Yang dimaksud ritme penyemprotan model squential adalah bahwa bahan bakar diinjeksikan kedalam ruang bakar secara terus menerus sesuai dengan FO (Firing Order) atau dengan kata lain penyemprotan bahan bakar meperhitungkan kondisi kerja mesin, dan penyemprotan itu terjadi serentak pada semua silinder tiap 2 putaran Poros engkol (720o).
3. Menurut Pelayanan Penyemprotan Bahan Bakar
Bahan bakar yang disemprotkan ke dalam intake manifold dibedakan menjadi dua yakni: model single point injection dan multi point injection.
a. Model Single Point Injection (SPI)
Penyemprotan bahan bakar akan dilakukan oleh satu injector, dimana injector ditempatkan pada intake manifold sebelum throttle valve. Bahan bakar yang diinjeksikan akan dihisap masuk sesuai kerja mesin tiap silinder. Dengan kata lain satu injector melayani semua silinder hal ini tidak jauh dengan system bahan bakar konvensional.
Campuran bahan bakar dan udara yang berada di intake manifold akan menunggu terbukanya katup masuk, sehingga kejadian tersebut akan menyebabkan pengendapan disepanjang intake manifold hal ini yang menjadi satu kerugian pada system injeksi single point.
b. Model Multi Point Injection (MPI)
Titik penyemprotan bahan bakar berada pada tiap saluran masuk ke dalam silinder sehingga efisiensi pemasukan bahan bakar tiap silinder lebih baik.


4. Menurut Konstruksi System Kontrol
Menurut konstruksi system ontrol yang digunakan EFI terbagi atas : injeksi mekanis, injeksi mekanis elektronis, injeksi elektronis dan engine management system.

a. Injeksi Mekanis
Pada system injeksi bahan bakar mekanis, bahan bakar yang diinjeksikan terjadi secara mekanis artinya bahwa gerakan throttle valve akan mengatur banyaknya udara yang dibutuhkan oleh mesin dan menggerakan tuas ungkit dan tuas ungkit mendorong tuas pengukur bahan bakar untuk menentukan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan.

b. Injeksi Mekanis Elektronis
System injeksi bahan bakar jenis mekanis elektronis dilengkapi dengan system pengatur electronik yang disebut dengan ECU (electronic control unit). System pengontrolan tersebut terbatas hanya pada saat injeksi sedangkan seberapa banyak bahan bakar harus diinjeksikan akan ditentukan oleh gerakan mekanik dari lengan pengatur campuran bahan bakar (mixture control unit).
c. Injeksi Elektronis
Injeksi bahan bakar elektronik merupakan system penyuplaian kebutuhan bahan bakar yang sedikit banyaknya dan waktu penyuplaiannya diatur secara electronic oleh engine ECU. Engine ECU akan mengolah data-data yang diinformasikan dari sensor-sensor, informasi tersebut akan dijadikan pertimbangan untuk menentukan waktu dan jumlah bahan bakar yang harus diinjeksikan.
d. Engine Management System
Yang dimaksud dengan engine management system adalah system injeksi bahan bakar electronic seperti halnya pada system injeksi bahan bakar electronic yang lain akan tetapi system pengapian diatur dalam 1unit dengan engine ECU atau dengan kata lain system pengapian tidak terpisah dengan engine ECU.

2.7 TROUBLE SHOOTINGELECTRIC FUEL INJECTION
PROBLEM :
1. Mesin tidak dapat distart :
Cek Komponen :
 Immobilizer
 Koneksi kelistrikan-mesin/batteray
 Ignition system
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Jumlah bahan bakar/kondisi filter bensin
 Koneksi/pompa bahan bakar
 Kebocoran/kondisi air intake-vacuum system
 ECT/engine coolant temperatur sensor
 CKP/Crankshaft position sensor
 MAP/manifold absolute sensor
 Injectors
 CMP/camshaft position sensor
 Konektor/kabel/relay ECM
 ECM
2. Mesin susah hidup
Cek Komponen :
 Koneksi kelistrikan-mesin/batteray
 Jumlah bahan bakar/kondisi filter bensin
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Kebocoran/kondisi air intake-vacuum system
 Ignition system
 ECT/engine coolant temperatur sensor
 TPS/ throttle position sensor
 Injectors
 CMP/camshaft position sensor
 CKP/Crankshaft position sensor
 Konektor/kabel/relay ECM
 ECM
3. Mesin hidup lalu mati
Cek Komponen :
 Kebocoran- air intake/vacuum sistem
 IAC – Idle Air control valve
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Kebocoran/kerusakan/tersumbat- saluran bensin
 TPS/ throttle position sensor
 MAP/manifold absolute sensor
 Jumlah bahan bakar/kondisi filter bensin
 Konektor/kabel/relay ECM
 ECM
4. Mesin dingin –susah idle
Cek Komponen :
 Kebocoran- air intake/vacuum sistem
 IAC – Idle Air control valve
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Kebocoran/kerusakan/tersumbat- saluran bensin
 ECT/engine coolant temperatur sensor
 Injectors
 MAP/manifold absolute sensor
 Konektor/kabel/relay ECM
 ECM
5. Putaran mesin tersendat-sendat
Cek Komponen :
 Kebocoran- air intake/vacuum sistem
 IAC – Idle Air control valve
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Kebocoran/kerusakan/tersumbat- saluran bensin
 Pompa bahan bakar/konektor
 O2S/Oksigen sensor - HO2S/ Heated oksigen sensor
 Injektor
 MAP/manifold absolute sensor
 TP/Throttle position sensor
 Konektor/kabel/relay ECM
6. Putaran idle terlalu rendah
Cek Komponen :
 IAC/idle air kontrol valve
 TP/throttle position sensor
 ECM
7. Putaran idle terlalu tinggi
Cek Komponen :
 IAC/idle air kontrol valve
 Throttle valve- tersangkut/ macet
 TP/throttle position sensor
 Injektor
8. Acceleration terlambat
Cek Komponen :
 Bocor/tersumbat – air intake/vacuum sistem
 Throttle valve- tersangkut/ macet
 IAC/idle air kontrol valve
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Injektor
 Konektor/kabel/relay ECM
9. Backfiring (pengapian balik)
Cek Komponen :
 Ignition sistem
 Air intake/vakum sistem bocor
 CO level
 MAP/ Manfold absolute pressure
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Injektor
 Konektor/kabel/relay ECM
 O2S/Oksigen sensor - HO2S/ Heated oksigen sensor
10. Misfire (Pengapian tidak tepat)
Cek Komponen :
 Ignition sistem
 Air intake/vakum sistem bocor
 IAC/idle air kontrol valve
 ECT/ engine Coolant Temperature sensor
 Intake air temperature/IAT sensor
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Injektor
 O2S/Oksigen sensor - HO2S/ Heated oksigen sensor
11. CO level terlalu rendah
Cek Komponen :
 Air intake/vakum sistem bocor
 O2S/Oksigen sensor - HO2S/ Heated oksigen sensor
 ECM
12. CO level terlalu tinggi
Cek Komponen :
 O2S/Oksigen sensor - HO2S/ Heated oksigen sensor
 IAT/ Intake air Temperature
 ECT/Engine coolant temperature sensor
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Injektor
 ECM
13. Konsumsi bahan bakar terlalu berlebih
Cek Komponen :
 Tekanan bensin/regulator tekanan bensin
 Injektor
 Throttle valve tersangkut/ macet

2.8 DIAGNOSTICELECTRONIC FUEL INJECTION
Kendaraan yang diopersikan secara terus menerus dalam kehidupan transportasi darat tidak terlepas dari kemungkinan adanya gangguan gangguan pada system kerja yang terdapat dalam kendaraan dimana akan memperngaruhi performance yang dihasilkan oleh mesin. Gangguan-gangguan tersebut bisa datang dari system bahan bakar ataupun system yang lain. Gangguan –gangguan tersebut jelas harus dicari sumber permasalahannya. Dalam pencarian masalah dibagi menjadi 2 yakni: Pertama, dengan cara Trial End Error (mencoba dengan kesalahan) artinya dalam mencari gangguan dengan cara coba-coba sehingga ditemukan sumber kerusakan yang sebenarnya. Kedua, dengan cara Diagnostic baik induktif ataupun deduktif. Artinya pencarian sumber kerusakan dengan cara induktif adalah dengan cara model pencarian sumber kerusakan dari mudah ke hal yang lebih rumit. Sedangkan cara deduktif adalah dengan cara model pencarian sumber kerusakan dari yang sulit ke hal yang mudah. Penggunaan metode Diagnostic dapat dilakukan dengan cara manual ataupun dengan menggunakan alat ukur khusus. Pemeriksaan dengan secara manual dilakukan dengan menggunakan kabel jamper. Hasil penjamperan akan memunculkan sinyal kedipan lampu pada engine check lamp dengan dengan demikian tinggal menghitung jumlah kedipan pada lampu. Diagnostic dengan cara manual dilakukan dengan cara menghubungkan kabel jamper pada 2 terminal tertentu yang terdapat pada kotak diagnostic sesuai dengan merk kendaraan yang akan dilakukan pengecekan kerusakan.



1.    DIAGNOSTIC KENDARAAN SECARA MANUAL :
Toyota OBD1 dan OBD2
Penjamperan untuk kendaraan yang menggukan type DLC OBD1 Maka terminal yang dijamper adalah TE1 dengan E1. jumlah kedipan jika terjadi throuble tinggal membaca tabel sebagai berikut :
DIAGNOSTIC CODE TABLE ( EJ – DE , HC – E )

2.    PENUNJUKAN KODE DIAGNOSA
Untuk mengetahui kode diagnosa, pertama posisikan kunci kontak pada posisi “OFF” Selanjutnya hubungkan terminal “T” dan “E” pada check connector yang terletak di atas konsol ( dekat steer ), maka lampu check engine lamp yang ada di kombinasi meter akan menyala berkedip.


3.    MENGHAPUS KODE DIAGNOSA
Setelah dilakukan perbaikan pada gangguan, kode diagnosis yang tersimpan didalam memory ECU EFI harus dihapus.
Dengan melepas fuse stop selama 10 detik


Dengan menggunakan DS 21 atau DS II


Dengan melepas terminal baterai selama minimal 15 detik.
4.    FAIL – SAFE FUNCTION
Fail safe function adalah sebuah fungsi bila terdapat ketidak normalan pada signal dari sensor – sensor yang terdapat pada tabel dibawah, dan jika mesin tidak bekerja secara normal, maka pengontrol mendeteksi ketidak normalan, yang akan menghasilkan signal terus menerus, sistim Fail Safe Function memungkinkan engine kontrol tetap bekerja dengan menggunakan nilai standar yang tersimpan didalam EFI ECU.

5.    BACKUP  FUNCTION
Bila sistem sensor yang terdapat pada tabel diatas terjadi ketidak normalan, pengontrolan akan segera kembali pada kondisi normal setelah adanya perbaikan, dengan demikian Fail Safe Function tidak lagi bekerja. Ketidak normalan yang terjadi akan disimpan didalam EFI ECU sebagai suatu kode ketidak normalan.Seandainya CPU yang terdapat didalam ECU menemukan adanya ketidak normalan, fungsi ini memungkinkan terjadinya penghentian putaran mesin dengan pemutusan injeksi bahan bakar menurut data yang tersimpan didalam ECU. Ketika Back – Up Function bekerja, tidak ada kode diagnosis yang ditunjukkan dan lampu pemeriksaan tetap menyala.






BAB 3
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Makalah ini dapat disimpulkan bahwa sistem bahan bakar EFI pada mesin bensin merupakan komponen yang sangat sensitif yang terdiri dari berbagai macam komponen elektronik, karena komponen tersebut di kontrol oleh ECU sehingga mesin mendapat suplai campuran bahan bakar dengan udara yang lebih presisi dan lebih irit bahan bakar sehingga mesin dapat pembakaran yang sempurna dan emisi gas buangnya menjadi rendah.
3.2  SARAN
Dengan makalah ini penulis menyarankan pembaca, ketika terjadi masalah padasistem bahan bakar EFI seharusnya dapat mengetahui bagian-bagian dari sistem bahan bakarEFI tersebut,  yang dapat berguna dalam perawatan agar sistem bahan bakar EFI mobil dapat mempuyai usia yang lebih lama.
















DAFTAR PUSTAKA

TAM Toyota Astra Motor Manual
Training Center PT. Astra Daihatsu Motor
Modul DIKLAT System Bahan Bakar Injeksi VEDC Malang
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar